Senin, 02 Januari 2017

NOUVEAU DÉPART - Bagian 2. Berhenti Mengeluh, Ciptakan Solusi

https://inspiratorfreak.com/memanfaatkan-kreativitas-anak-muda-indonesia-untuk-menghadapi-mea/
"Duh, harga cabai mahal banget sih! Belum lagi kebutuhan lain-lain juga ikut naik seperti biaya STNK, listrik, sampai BBM. Haduh, naik kok bareng-bareng gini!"

Mengeluh tak akan pernah menyelesaikan suatu masalah. Setiap kehidupan selalu ada permasalahan, tapi bukan berarti tidak ada solusinya. Jika kita mencoba untuk menenangkan diri, maka pikiran bisa menjadi jernih untuk memikirkan jalan keluar. Sayangnya, sebagian besar masyarakat sering menanggapi masalah dengan emosi. Sehingga hasilnya pun menjadikan semakin rumit, bahkan tak segan-segan saling menuduh satu dengan yang lainnya. Timbul masalah baru yang lebih besar. Melebar hingga pada sesuatu yang sebenarnya tidak ada hubungannya sama sekali. Terjadilah perselisihan antar golongan karena salah paham.

Bertepatan dengan momen tahun baru, tak ada salahnya jika kita berhenti mengeluh dan menjadi pribadi yang menciptakan solusi. Mengawali pada lembar baru sebagai generasi cerdas dan tanggap terhadap permasalahan yang ada di sekitar. Mencari jalan keluar dengan cerdas dan bijak atasan segala permasalahan yang ada. Sehingga hidup semakin lebih bermakna, membawa manfaat baik bagi dunia. Tak perlu mencari penyelesaian yang rumit, cukuplah dimulai dari hal sederhana. Sesuatu yang dekat dengan kita seperti menanam lombok di rumah masing-masing. Mengantisipasi ketika harga melambung tinggi, ketersediaan atau jumlah di pasaran terbatas. Jadi masih bisa merasakan pedasnya masakan dari kebun sendiri. Jikalau dirasa tidak mampu menyumbang materi dalam mewujudkan solusi, baiknya turut mencurahkan tenaga maupun pikiran. Jangan sampai memiliki sikap masa bodoh dengan hanya berpangku tangan, tapi ketika butuh justru mencuri solusi milik orang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar